travel juanda malang

5 Rekomendasi Taman Instagramable di Tengah Kota Malang. Gratis!

Travel Malang Juanda – Kota Malang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan potensi wisatanya. Sampai-sampai mendapatkan julukan sebagai surganya tempat wisata, karena sangking banyaknya mulai dari wisata alam, wisata modern, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata kuliner dan lain sebagainya. Namun, ada salah satu wisata yang dapat menyegarkan mata yakni wisata taman . Kamu dapat menikmati keindahan dan sejuknya taman-taman bunga yang ada di Kota Malang.

Kota Malang memang terkenal dengan udaranya yang sangat sejuk, bersih, dan asri. Untuk menunjang semua kegiatan warga kota Malang, maka dibangunlah beberapa taman yang tersebar di berbagai bagian dari kota malang. Taman-taman ini memiliki konsep yang unik dan dapat menjadi pilihan wisatamu saat akhir pekan. Berlibur ke taman sangatlah cocok untuk kamu yang ingin melepas penat. Di taman ini kamu juga bisa mengambil foto selfie karena tempatnya sangat instagramable banget jadi cocok untuk kalian yang ingin menghiasi feed instagram ataupun bersama teman dan keluarga di tengah hamparan bunga indah nan cantik atau sekedar beristirahat menikmati sejuknya taman di kota malang. yuk simak apa saja 5 Rekomendasi Taman Instagramable di Tengah Kota Malang.

1. Taman Slamet

taman slamet

Taman Slamet Malang adalah taman yang berada dalam lingkungan perumahan yang ada di wilayah Kelurahan Gading Kasri, tepatnya di Jalan Taman Slamet,  Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Berdasarakan keterangan yang ada, Taman ini pada awalnya hanya berupa taman biasa dengan beberapa pohon yang di tengahnya terdapat jalur pejalan kaki, namun selanjutnya direnovasi dengan konsep yang lebih unik sehingga tak hanya sebagai tempat bersantai saja melainkan dapat pulla dijadikan tempat berolahraga.

Tak hanya memiliki lokasi nongkrong di Malang yang strategis, melainkan taman Slamet juga memiliki spot-spot menarik yang bisa digunakan sebagai area hunting foto bareng teman, terlebih bagi mereka memiliki minat besar berfoto atau sekedar menyalurkan hobi photography. Selain itu juga digunakan sebagai area olahraga saat pagi hari. Berbeda dengan taman di kota Malang lainnya yang berkesan datar, taman Slamet kota Malang memiliki keunikan yaitu memiliki konsep unik serta desain sangat instagramable. Maka wajar kalau tempat ini menjadi favorit remaja sekedar berfoto ria dan hangout bareng teman.

Taman Slamet di Malang ini sangat cocok digunakan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya, seperti telah dijelaskan diatas diantaranya seperti olahraga, berfoto ria dan nongkrong. Nah berikut ini beberapa spot favorit para wisatawan saat sedang refreshing di Taman Slamet Kota Malang.

  1. Lorong enam gunung
  2. Stand Photobooth
  3. Papan Nama Taman Slamet
  4. Sebuah Tiang berbentuk unik, dan
  5. Pergola lorong berwarna kotak putih

Tiket Taman Slamet Malang tidak dipungut biaya retribusi, namun pengunjung tetap akan dikenakan biaya parkir kendaraan pribadi seperti biaya parkir motor Rp. 2.000 sedangkan mobil sebesar Rp. 5.000. Jam buka taman Slamet antara pukul 05.00 hingga 21.00 WIB.

2. Taman Merbabu

taman merbabu

Taman Merbabu di Malang ini tergolong wisata taman baru memang belum populer, namun taman yang berada di tengah keramaian kota yang kian padat penduduk dan fasilitas umum yang bisa memenuhi kebutuhan para pengunjungnya dan bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Taman kota Malang ini bisa dijadikan sebagai referensi wisata pada akhir pekan bersama anak dan keluarga tercinta. Sejarah taman Merbabu Malang dimulai dari menurut pimpinan HR Director PT Beiersdorf Indonesia Dicko Mochamad Irfan kehadiran taman Merbabu di Malang ini merupakan aspirasi kebutuhan karyawan perusahaan mereka sendiri yang sebagian besar memang berlokasi di Malang. Ketika itu mereka merasa belum ada taman publik dinikmati seluruh anggota keluarga.

Taman kota yang letaknya berada dekat dengan hutan kota Malabar ini memiliki fungsi fasilitas seluruh keluarga mulai dari anak-anak hingga lansia. Fasilitas taman Merbabu Malang ini diantaranya yakni lapangan mini futsal, pedestrian difabel, jogging track, tempat bersantai keluarga, lokasi olahraga lansia, taman bacaan dan playground. Sedangkan di lokasi bermain anak-anak terdapat fasilitas arena bermain pasir putih, prosotan, ayunan, jungkat-jungkit dan sebagainya. Kabar baik lainnya ialah selain sebagai taman wisata anak di Malang, pembangunan Taman Merbabu Family Park ini memiliki banyak tujuan. Diantaranya mengoptimalkan ruang terbuka hijau (RTH) serta resapan air. Ruang terbuka hijau memiliki peran ganda, pertama sebagai daerah resapan air yang berfungsi mengendalikan banjir bila terjadi, konversi air tanah dan sebagainya. Lokasi taman ini berada di lokasi taman Merbabu Malang yang terletak di Jalan Merbabu, Malang Jawa Timur.

3. Taman Trunojo

taman trunojoyo

Taman ini diresmikan pada 1 Juni 2014 oleh Wali Kota Malang, Moch Anton. Letaknya cukup strategis, yakni berdampingan dengan Balai Kota Malang dan Alun-alun Tugu. Lokasinya tepat berada di depan Stasiun Kota Baru. Taman yang terdiri dari dua bagian utara dan selatan ini merupakan reinkarnasi dari Taman Trunojoyo lama yang seolah tak terurus. Renovasi yang melibatkan PT Bentoel ini sebagai salah satu langkah Pemerintah Kota Malang memperbanyak daerah hijau.

Sebagaimana tujuan tersebut, taman kota ini didominasi oleh berbagai macam tumbuhan hijau, bunga-bunga, dan pohon-pohon berukuran cukup besar. Selain, menjadi sumber oksigen, pohon-pohon tersebut menjadi peneduh di saat panas terik menyengat kepala di kala siang hari. Taman ini bisa dibilang ramah lingkungan. Selain terdapat lampu taman, juga ada kran otomatis penyiram tanaman, tempat resapan air (Biopori) di beberapa titik taman, sumur resapan dan juga tempat sampah organik dan anorganik.

Tak hanya tempat duduk serta area gazebo di bagian tengahnya, taman ini juga memiliki fasilitas lainnya. Mulai dari tempat bermain seperti ayunan dan jungkat-jungkit untuk anak usia 5-12 tahun, hingga fasilitas kesehatan berupa terapi pijat kaki pun ada. Bagi anak-anak kecil yang doyan bermain pasir putih bak di pantai, disediakan area khusus. Di sampingnya juga ada air mancur berbentuk bundar yang disertai tempat membilas tubuh yang tertutup. Selain itu, ada pula fasilitas ruang khusus untuk ibu menyusui. Dua toilet di samping kanan dan kiri bangunan ini juga disediakan untuk umum. Yang jelas, semua fasilitas di taman ini tanpa dipungut biaya alias gratis.

4. Taman Kunang – Kunang

taman kunang-kunang

Taman Kunang Kunang Malang merupakan taman baru dengan keunikan peran seperti nama dan fungsinya. Taman yang terletak di sepanjang Jalan Jakarta dan Simpang Ijen (sekitar kampus Wearness) Malang ini baru selesai dibangun awal tahun ini dan diresmikan bersamaan dengan ulang tahun Kota Malang ke-101 oleh Wali Kota Malang, Moch Anton.

Dibangun atas prakarsa PT. Bentoel Group melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility) tahun 2015, Taman Kunang – Kunang Malang dilengkapi sebanyak 96 LED lampu yang setiap harinya menerangi suasana malam di kawasan hutan kota ini. Uniknya lagi, terdapat lima bagian dari taman ini yang setiap bagiannya disebut Plaza, misalnya plaza pertama ada sejumlah 18 lampu LED dan setiap plaza memiliki jumlah lampu dan model tatanan tempat yang berbeda-beda. Antara setiap Plaza di Taman Kunang-kunang dipisahkan oleh jalan setapak. Bukan hanya itu, selain memberikan akses kenyamanan untuk bersantai, pengunjung juga mendapatkan pengetahuan lebih dengan mengetahui jenis pohon di sekitar jalan setapak yang telah diberi tag nama. Adapun beberapa kursi dan sebuah gazebo yang memiliki penutup langit-langit untuk membuat pengunjung lebih ‘enjoyable’ selama berada disana.

5. Taman Hutan Kota Malabar

taman hutan kota malabar

Taman Hutan Kota Malabar yang terletak di Jalan Malabar merupakan salah satu kawasan ruang terbuka hijau yang terbilang luas di Kota Malang. Tak heran jika hutan ini tak hanya sekadar menjadi paru-paru kota. Sejak September 2015, Hutan Kota Malabar mengalami revitalisasi. Proses perbaikan ini sempat mendapat tentangan dari warga dan beberapa kelompok aktivis mahasiswa. Namun, Pemerintah Kota Malang yang didukung oleh gelontoran dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Amerta Indah Otsuka, tak bergeming. Hutan ini pun kembali diresmikan secara terbuka pada 4 April 2016 oleh Walikota Malang, HM Anton.

Setelah direvitalisasi, hutan kota ini tampak lebih indah dan nyaman bagi para pengunjung, tanpa mengacuhkan ekosisten tanaman dan beberapa hewan di dalamnya. Selain sebagai paru-paru kota, Hutan Kota Malabar ini juga menjadi kawasan lindung bagi beberapa tanaman dan habitat beberapa jenis burung dan serangga yang hidup di dalamnya.

Hutan seluas 16.718 meter persegi ini, juga berfungsi sebagai sarana rekreasi murah. Begitu masuk ke dalamnya, suasana asri langsung merasuk ke dalam jiwa. Dingin dan sejuknya hawa khas Kota Malang bakal menusuk kulit saat berdiri di bawah pepohonannya yang rindang. Saat menyusuri jalanan setapak berpaving, rasanya seperti berada di tengah belantara. Kicau burung yang berpadu dengan suara serangga menambah harmonisasi yang tercipta di telinga. Di tengah hutan kota ini terdapat kolam air yang menjadi sumber untuk mengairi taman-taman di kota Malang. Tujuan revitalisasi hutan kota yang dilakukan Pemkot Malang adalah melakukan penghijauan. Salah satu bagian dari langkah itu salah satunya dengan menambah ruang terbuka hijau. Keberadaan Hutan Kota Malabar tak bisa dipungkiri menjadi salah satu solusi bagi suasana Kota Malang yang kian memanas. Seperti diketahui, seiring makin menjamurnya kendaraan bermotor, baik milik warga asli maupun pendatang, menyebabkan meningkatnya polusi udara.

Itu lah 5 Rekomendasi Taman Instagramable di Tengah Kota Malang. bagaimana apa traveller sudah menentukan ingin mengunjungi taman yang mana dulu? jika kalian bingung kunjungi aja semua hehehe kalian bisa menggunakan paket wisata nayfa trans atau sewa hiace dan elf malang atau bahkan travel untuk pergi ke malang. silahkan klik dibawah ini.

travel malang juanda atau sebaliknya yang murah bisa klik link -> Travel Malang Juanda atau Travel Juanda Malang
travel malang surabaya atau sebaliknya yang murah bisa klik link -> Travel Malang Surabaya atau Travel Surabaya Malang
paket wisata bisa klik link -> Paket Wisata Malang
jasa sewa hiace bisa klik link -> Sewa Hiace Malang
atau hubungi kami via wa dengan klik link -> NayFa Travel

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Hotel Terdekat Dari Alun Alun Malang

Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang