travel juanda malang

5 Kampung Tematik di Malang yang Unik dan Instagramable

Travel Malang Juanda –  Siapa sih yang tidak tau dengan Kota Malang? pasti sudah pasti tau kan karena kota malang ini memiliki ciri khas sendiri dan berbeda dari kota – kota lain di indonesia, ciri khas yang menonjol dari kota malang adalah Basa Walikan (Bahasa atau kata yang dibalik-balik seperti saya jadi ayas, umak jadi kami dan seterusnya), Aremania nya, dan juga yang paling menonjol ada tempat wisatanya yang sangat banyak mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata edukasi, wisata budaya hingga wisata kulinernya, semua tempat wisata yang keren-keren itu berada di satu kota yaitu di kota malang, hal itu yang menyebabkan banyaknya wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang ingin menghabiskan waktu liburan atau beristirahat dari penatnya aktivitas di kota malang ini.

Tidak hanya itu, kota malang ini bisa dibilang selalu bisa memanfaatkan dan merubah sesuatu hal menjadi berguna atau menjadi enak di lihat atau dipandang, salah satu contoh yang jelas adalah kampung kumuh yang diubah menjadi kampung tematik yang unik dan menjadi wisata kampung yang cantik di kota malang, sudah banyak kampung-kampung di kota malang yang sudah berevolusi menjadi kampung tematik yang dulu nya kumuh sekarang berubah menjadi kampung yang cantik, bersih dan yang paling penting dapat dibuat menjadi spot foto karena tempatnya instagramable banget, yuk simak artikel 5 Kampung Tematik di Malang yang Unik dan Instagramable dibawah ini.

1. Kampung Jodipan

kampung jodipan

Kampung Jodipan lebih dikenal dengan nama populernya, Kampung Warna Warni, Kampung Warna-Warni ini bisa dibilang sebagai pelopor wisata kampung di Kota Malang. Ada kira-kira 107 rumah warga Jodipan yang dicat dengan 17 ragam warna. Kampung yang sekarang ngehits ini sebenarnya terlahir dari tugas kuliah beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Sama sekali tak ada tujuan pariwisata, para mahasiswa ini sebenarnya bermaksud mengubah gaya hidup warga yang membuang sampah ke sungai. Tak disangka, perubahan lingkungan yang melibatkan 30 tukang cat dan seniman mural ini membawa dampak yang lebih besar.

Kawasan Jodipan yang semula perkampungan kumuh warga di bantaran Sungai Brantas berubah menjadi desa wisata yang dikunjungi banyak orang, bahkan hingga ratusan saat akhir pekan dan hari libur. Memang saat ini terjadi penurunan jumlah pengunjung bila dibandingkan dengan masa-masa awal Kampung Jodipan mulai dikenal orang, tapi ada jembatan kaca yang kembali menarik perhatian pengunjung. Jembatan kaca ini, selain menambah lokasi selfie pengunjung, juga menghubungkan antara Kampung Jodipan dengan Kampung Tridi Kesatrian. Travellers tertarik menyeberangi jembatan ini?

2. Kampung Tridi

kampung tridi

Nah, jika travellers menyeberangi Sungai Brantas melalui jembatan kaca tadi, Travellers akan sampai di kampung wisata lain. Wisata tersebut bernama Kampung Tridi adalah nama yang disederhanakan dari 3D, supaya mudah diucapkan. Memang rumah-rumah warga di Kampung Tridi sama meriahnya dengan Kampung Jodipan, meskipun sama-sama dicat warna warni seperti kampung jodipan tetapi travellers dapat melihat perbedaan yang sangat menonjol dari kampung tridi adalah traveller bisa menemukan gambar-gambar mural tiga dimensi di dinding-dinding rumah Kampung Tridi.

Kampung Tridi bisa jadi alternatif selfie yang kekinian Travellers. Bila sesuai dengan rencana, Kampung Tridi menampilkan 80 gambar 3D yang bisa jadi spot selfi keren bagi pengunjung-pengunjungnya. Berbeda dari Kampung Jodipan, Kampung Tridi ini terlahir berkat ide warganya. Lebih berkonsep, warna rumah-rumah warga Tridi bila dilihat dari atas tampak menyerupai warna pelangi. Gambar-gambar 3D-nya juga bertema dunia anak-anak, seperti Mickey Mouse, Thor, Hulk, Spongebob, Patrick, Captain America, Spiderman. dan lain-lain. Tak terbayang menjadikan gambar-gambar ini latar selfie? Jangan kuatir, masih ada gambar-gambar 3D bertema alam dan hewan yang unik-unik yang tentunya sangat keren dan instagramable.

3. Kampoeng Heritage Kajoetangan

kampung heritage kajoetangan

Kampoeng Heritage Kajoetangan atau Kampung Kayutangan. Sebuah kampung yang sudah tercatat dalam sejarah masa klasik sampai modern. Kampung ini memiliki ciri khas deretan rumah berarsitektur kolonial Belanda. Ada 60 rumah tua yang berhasil diidentifikasi di kampung ini. Seluruhnya relatif terjaga bentuk aslinya. Di depan rumah dipasang plakat informasi usia bangunan sampai pemilik pertamanya. Rumah tertua dicatat dibangun pada 1870. Banyak pula yang dibangun dalam kurun 1920-1940 dengan model atap pelana atau biasa disebut rumah jengki. Wisata heritage Kayutangan diresmikan sejak 2018 lalu. Sejak itu pula para pelancong datang silih berganti.

Seperti namanya, tempat ini berada di kawasan Kayutangan atau sekarang bernama Jalan Basuki Rahmad. Lokasi Kampung Heritage berada persis di gang-gang di sebelah Toko Oen yang legendaris. Ada banyak hal berbau vintage yang bisa kamu temukan di tempat ini. Rumah bekas kolonial Belanda, sungai yang sudah ada sejak era penjajahan, hingga aneka mainan lawas terjaga dengan baik di kampung ini. Pihak Pokdarwis setempat menerapkan paket wisata bagi turis yang ingin berkunjung, mulai paket perorangan hingga paket rombongan. Tujuannya, adalah untuk pembangunan dan pengembangan Kampoeng Heritage.

4. Kampung Glintung Go Green

kampung glintung

Travellers tentu sudah sangat kenal dengan istilah 3G. Tapi kali ini beda ya, bukan tentang jaringan dan koneksi internet. 3G ini singkatan dari Glintung Go Green, sebuah kampung wisata di Kota Malang. Sebenarnya, kampung ini berbenah karena warganya menginginkan lingkungan yang lebih baik. Kawasan ini memang terkenal sebagai area langganan banjir dan kumuh, tapi kini suasananya berbeda jauh.

Dibutuhkan waktu lima tahun untuk mengembalikan kondisi air sumur warga dengan membuat sumur injeksi, biopori, disertai dengan penanaman tumbuh-tumbuhan hijau di sekitar rumah. Hasilnya, kini sudah ada sumber air baru dalam jumlah lebih dari yang dibutuhkan warga. Tumbuhan yang dibudidayakan di kawasan pemukiman padat penduduk inipun tak sekedar tanaman hias, tapi juga bisa menjadi alternatif sumber pangan. Dolaners yang suka hijau-hijauan, atau pingin belajar tentang tanam-menanam, akan sangat menikmati jalan-jalan di Kampung wisata ini. Tapi ingat ya, jangan membuang sampah sembarangan karena Dolaners akan dikenai denda Rp. 10.000 atau disuruh menyapu jalan selama minimal satu jam. Pilih yang mana, Travellers? tentunya pilih jangan buang sampah sembarangan dong ya.

5. Kampung Topeng

kampung topeng

Kampung Topeng adalah hasil program kerjasama Kemensos dengan Pemkot Malang. Dikenal juga dengan nama programnya, Kampung Desaku Menanti, kampung wisata ini sebenarnya bertujuan mengembangkan perekonomian warganya. Jadi, warga kampung ini juga membuat topeng, gantungan kunci, hiasan dinding, dan barang-barang cenderamata lain yang bisa Travellers beli saat berkunjung ke Kampung Topeng.

Sesampai di lokasi wisata, pengunjung akan disambut oleh ratusan topeng yang beraneka warna dari berbagai karakter yang diletakkan secara berselang-seling, ditambah lagi beraneka bunga cantik dan juga ada topeng raksasa memiliki tinggi 7,5 meter dan lebar 5 meter. Dimana kedua topeng ikonik itu merupakan tokoh pewayangan yaitu Dewi sekartaji dan Asmorobangun. Cerita menarik Panji Asmorobangun memang sering menjadi tradisi dan seni masyarakat Malang. Selain selfie di Monumen Topeng atau spot-spot menarik lain di Kampung Topeng ini, Travellers bisa mewarnai topeng-topeng yang sudah setengah jadi. Mau topeng yang sudah jadi? Tinggal borong saja, Travellers. Harganya berkisar antara Rp. 15.000,- hingga Rp. 35.000,- saja.

Itu lah 5 Kampung Tematik di Malang yang Unik dan Instagramable, bagaimana apa traveller sudah menentukan ingin mengunjungi tempat wisata kampung yang mana dulu? jika kalian bingung kunjungi aja semua hehehe kalian bisa menggunakan paket wisata nayfa trans atau sewa hiace dan elf malang atau bahkan travel untuk pergi ke malang. silahkan klik dibawah ini.

travel bisa klik link -> Travel Malang Juanda atau Travel Juanda Malang
paket wisata bisa klik link -> Paket Wisata Malang
jasa sewa hiace bisa klik link -> Sewa Hiace Malang
atau hubungi kami di -> NayFa Travel

Baca Juga : 5 Restoran Terbaik dan Cocok Untuk Kumpul di Malang

Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang