travel juanda malang

5 Bandara Tersibuk di Indonesia Versi NayFa Trans

Travel Malang Juanda – Suka traveling naik pesawat? Pasti banyak di antara Sobat Traveller yang memilih menggunakan transportasi udara untuk bepergian. Entah untuk pergi liburan, jalan-jalan, atau pergi mudik ke kampung halaman untuk menengok keluarga, atau untuk bisnis, pesawat seringkali menjadi transportasi unggulan karena waktu perjalanannya yang tergolong singkat dan cepat.

Kalau sering naik pesawat, mungkin kamu udah familiar dengan berbagai bandara yang ada di Indonesia dong. Apa bandara di Indonesia yang jadi favorit kamu, Sobat Traveller? Ternyata, ada lho beberapa bandara yang dinobatkan sebagai bandara tersibuk di Indonesia. Kamu tahu nggak apa saja daftar bandara tersibuk di Indonesia?

Yuk, simak 5 bandara tersibuk di Indonesia di bawah ini.

1. Bandara Soekarno – Hatta

bandara soekarno hatta
Pertama ada Bandara milik ibu kota tercinta, Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sebagai gerbang dan pintu utama menuju Indonesia, tentu saja menjadi bandara terbesar di Jakarta ini memiliki tingkat kesibukan yang sangat padat. Bandara yang diambil dari nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Pertama ini mulai beroprasi pada tahun 1985. Bandar udara utama Indonesia ini merupakan hasil rancangan arsitek terkenal asal Perancis, Paul Andreu. Dia juga lah yang telah mendesain bandar udara internasional Charles de Gaulle, Paris, Perancis. Melalui tangan dinginnya, bandara internasional Soekarno-Hatta mengusung konsep arsitektur lokal dengan kebun tropis di antara lounge dan tempat tunggunya.

Kini, Bandara Soekarno Hatta telah dilengkapi dengan Automated People Mover System (APMS) atau Skytrain. Skytrain merupakan kereta yang memiliki bentuk mirip kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) tapi memiliki sistem otomatis sehingga tidak perlu ada masinis untuk mengendalikannya. Sistem ini sendiri merupakan sistem yang baru diterapkan Indonesia. Bisa dibilang, skytrain bandara Soekarno-Hatta adalah skytrain pertama di Indonesia. Namun, saat ini skytrain Bandara Soekarno Hatta baru melayani perpindahan penumpang dari Terminal 2 ke Terminal 3 maupun sebaliknya.

2. Bandara Ngurah Rai

Bandara ngurah rai

Bandara internasional ini terletak di sebelah selatan Bali. Sebagai tujuan wisata yang telah mendunia, tentu Bali sangat padat dan ramai oleh wisatawan hampir setiap harinya, sehingga bandara Ngurah Rai menjadi salah satu bandara tersibuk. Bandara ini setidaknya telah melayani sekitar 27 maskapai penerbangan yang terdiri dari 10 maskapai penerbangan dengan jalur domestik dan 17 lainnya maskapai penerbangan dengan jalur internasional.

Berdasarkan data Dewan Bandara Internasional, Bandara Ngurah Rai pada 2013, bandara ini melayani sebanyak 15.630.839 penumpang. Jumlah ini terus mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Indonesia patut berbangga diri. Pasalnya, salah satu bandara tersibuk di Indonesia ini termasuk dalam bandara ketiga terbaik di dunia. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, kembali meraih penghargaan terbaik dunia versi  Airport Council International (ACI), sebuah organisasi bandara  yang bermarkas di Montreal, Kanada.

3. Bandara Juanda

bandara juanda

Bandara Internasional Juanda berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Bandara yang diambil dari nama perdana menteri terakhir di Indonesia ini dioperatori oleh PT Angkasa Pura I. Bandara udara (Bandara) Juanda, Surabaya Jawa Timur termasuk dalam kategori yang tersibuk di Indonesia, lantaran di bandara ini setidaknya ada 400 pesawat yang terbang dan mendarat, baik rute domestik maupun internasional.

Pesawat yang terbang dan mendarat di Juanda mulai ada yang berbadan besar, sedang, dan kecil, baik untuk penerbangan sipil maupun militer, Setiap jamnya. setidaknya ada 34 yang melintas di bandara terbesar di Jawa Timur tersebut, yaitu 27 merupakan pesawat reguler, dua penerbangan ekstra, dan lima penerbangan militer.

4. Bandara Sultan Hasanuddin

bandara sultan hasanuddin

Bandara yang dioprasikan oleh PT Angkasa Pura I ini terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. bandara ini termasuk dalam kategori bandara tersibuk di indonesia. Bandara ini mengalami proses perluasan dan pengembangan yang dimulai tahun 2004. Ke depannya Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dikembangkan hingga tahap ultimate di mana pengembangan dibagi ke dalam empat tahap. Setelah pengembangan Tahap I dimulai tahun ini, pengembangan Tahap II akan dimulai pada 2024 di mana pada tahap ini kapasitas penumpang akan bertambah menjadi 21 juta penumpang per tahun dan kapasitas parking stand menjadi 47 parking stand.

Pengembangan Tahap III akan dimulai pada 2034 dengan penambahan kapasitas terminal menjadi 30,8 juta penumpang per tahun dengan 64 parking stand. Sementara pengembangan Tahap IV akan dimulai pada 2044 dengan kapasitas ultimate terminal mencapai 40 juta penumpang per tahun dengan 78 parking stand.

5. Bandara Sepinggan

bandara sepinggan

Bandara yang terletak di Kalimantan Timur ini awalnya di bangun untuk kegiatan perusahaan minyak Belanda di daerah Balikpapan. Pengelola bandara ini dipercayakan pada PT Angkasa Pura I. Dengan posisi yang strategis di kawasan Indonesia Bagian Tengah diharapkan bandara ini dapat menjadi penghubung kawasan Indonesia Bagian Barat dengan kawasan Indonesia Bagian Timur. Selain itu bandara ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur dan wilayah Kalimantan lainnya.

Saat ini Bandara Sepinggan terus dilakukan pengembangan diantaranya akan dibangun  hotel transit, business center, pusat informasi investasi, warehousing, meeting room, restoran dan mini market termasuk pengembangan terminal penumpang dan perpanjangan landasan pacu.

Itu lah 5 bandara tersibuk di Indonesia, bagaimana apa traveller sudah menentukan ingin menggunakan bandara apa untuk bepergian? cari yang menurut anda paling nyaman untuk anda, karena kenyamanan adalah hal nomor 1 dalam travelling, untuk kalian yang ingin pergi ke bandara juanda bisa menggunakan layanan dibawah ini.

jasa travel bisa klik link -> Travel Malang Juanda
jasa sewa mobil bisa klik link -> Sewa Mobil Malang
atau hubungi kami via wa di -> NayFa Travel

Baca Juga : Travel Malang Juanda Termurah 2020

Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang Travel Surabaya Malang